Sabtu, April 12, 2008

His name is....Januarisman!

Tiduran, bermalas-malasan di kamar kos. Menghidupkan laptop namun tidak ada suara yang keluar. Bosan dengan semua lagu yang ada di koleksi. Bosan dengan jazz, muak dengan beatles, dan nanar mendengar banyak lagu2 bagus.
Berselancar stagnan di televisi. Saluran Indonesia yang penuh dengan sinetron-sinetron dengan nama orang dan acara lain yang sangat tidak menarik. Tangan terus bergerak menekan tuts remote control. Di RCTI tangan itu berhenti sejenak, sebuah teaser trailer dari sebuah popularity show terlaris di negeri ini dan banyak negara2 lain, Indonesian Idol.
Host baru, penyanyi tenar berdarah Inggris yang menikahi seorang penyanyi solo yang karyanya banyak membuat wanita Indonesia jatuh hati, Dewi Sandra. Kata2 yang intinya berisi, bukan siapa2 dan kebanggaan Indonesia.
Sebuah gitar akustik dipetik, dengan sebuah lagu dari band yang sering dipandang sebelah mata, ST 12. Tak lama setelah host itu menyelesaikan kata2nya, sang pemain gitar ditunjukkan. Dengan dandanan semi-punk yang laris disebut emo dia bermain gitar. Dia lalu mengambil reffrain, dan.....
"dapatkah aku memeluknya...menjadikan bintang di surga..."
Saya terbelalak, bulu kuduk merinding. Suaranya benar2 bagus, berat dan berkarakter. Saya benar2 dibuatnya merinding, dan yang terlihat kemudian adalah seorang juri perempuan, seorang diva ternama, Titi DJ, menitikkan air mata. Pantas untuk suara sebagus itu.
Hari berlalu, lagu ST 12 yang saya lupa judulnya itu jadi lebih sering di dengar orang. Si misterius itu berhasil mempopulerkan lagu itu. Dan lebih banyak lagi orang yang ingin tahu, siapa peserta audisi itu.
Harinya tiba untuk tahu siapa peserta audisi yang telah mempopulerkan lagu ST 12 yang awalnya dilihat sepele oleh banyak orang. Dia hanyalah seorang pengamen di KRL, bukan orang yang mengecap pendidikan musik. Namanya Januarisman, orang biasa yang mampu membuat orang merinding walau hanya untuk 2 detik. Cukup luar biasa. Saya menantikan dia bernyanyi di panggung spektakuler.

Tidak ada komentar: